property

7 Cara Cerdas Membeli Apartemen Untuk Pemula

Apartemen menjadi salah satu hunian yang banyak dipilih oleh masyarakat kota. Apartemen dianggap sebagai salah satu hunian yang lebih praktis daripada harus membuat atau membangun sebuah rumah. Tetapi, dalam membeli sebuah apartemen tidak boleh dilakukan sembarangan.

Terutamanya bagi Anda para pemula, membeli sebuah apartemen harus mengamati beberapa hal yang tidak boleh untuk dilewatkan. Bagi Anda yang mau membeli sebuah apartemen, berikut ini ada beberapa cara cerdas membeli sebuah apartemen untuk pemula baik bagi para konsumen atau para investor pemula.

1. Lokasi yang Strategis
Disaat Anda akan membeli sebuah apartemen, perhatikan dengan baik lokasi dari apartemen tersebut. Tentu saja, apartemen yang mempunyai lokasi strategis akan membuat Anda dapat lebih mudah untuk mengakses beberapa fasilitas biasa seperti jalur transportasi, pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya. Sesuaikan juga dengan pekerjaan Anda, misalkan apabila Anda seorang karyawan, karenanya lokasi yang cocok yaitu berada di wilayah industri yang dekat dengan tempat kerja Anda. Tetapi, apabila Anda seorang mahasiswa atau pelajar, maka pilihlah apartemen yang dekat dengan universitas atau sekolah Anda.

Baca Juga: Perumahan Sentul City

2. Amati dengan Baik Harga Beli
Cara membeli apartemen untuk pemula berikutnya yaitu seputar harga beli. Harga beli dari beberapa unit apartemen tentu saja sangat bervariatif dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan harga beli tersebut tergantung pada lokasi, view unit, letak lantai serta fasilitas yang dimiliki.Biasanya, seorang pengembang akan memasarkan sebuah apartemen dengan ukuran semi gross area yang mana mempunyai selisih antara 8% sampai 15% lebih besar dari ukuran aslinya (nett area).

3. Jangan Sepelekan Soal Pembayaran
Soal pembayaran yang akan Anda lakukan juga tidak boleh disepelekan begitu saja. Membayar apartemen dengan cara cash rupanya dapat menolong Anda untuk menerima profit yang lebih banyak. Dimana, Anda dapat menerima diskon antara 15% sampai 20%. Jika keuangan yang Anda miliki tidak mencukupi, Anda dapat memilih cara pembayaran dengan tunai bertahap (installment). Akan tetapi, cara pembayaran yang satu ini membuat tenor yang diberikan developer maksimal hanyalah lima tahun. Hal tersebut membuat nominal per-bulannya menjadi cukup besar. Bukan hanya itu, Anda dapat menggunakan KPA (Kredit Kepemilikan Apartemen), yang mana bisa Anda gunakan untuk mengangsur apartemen hingga 15 tahun. Tentu saja dengan angka angsuran yang tergolong kecil setiap bulannya.

Simak Juga: Jual Rumah Sentul

4. Biaya Pemeliharaan
Jangan lupa untuk memperhatikan biaya pemeliharaan yang wajib Anda keluarkan setiap bulannya. Sesuaikan biaya pemeliharaan dengan gaji Anda perbulannya.

5. Pengembang dengan Reputasi yang Terjamin
Cara membeli apartemen untuk pemula yang wajib Anda amati yaitu pengembang dengan reputasi yang terjamin. Hal ini sangat penting karena untuk membangun sebuah apartemen diperlukan sebuah prosedur dan perizinan yang sangat rumit.

6. Fasilitas yang Aman dan Nyaman
Tentu saja, fasilitas yang tersedia di dalam apartemen menjadi sebuah perhatian yang sangat khusus. Anda wajib mengetahui apakah fasilitas yang disediakan cukup aman dan nyaman untuk Anda tinggali.

7. Prospek Investasi
Apartemen menjadi salah satu properti yang mempunyai nilai investasi yang tinggi, selain bisa Anda tinggali, Anda juga dapat menjadikannya sebagai investasi masa depan. Harga apartemen yang terus naik, tentu saja akan sangat menguntungkan bagi Anda. Tetapi, untuk mendapatkan keuntungan dari apartemen yang Anda tinggali, pastikan bahwa Anda memilih apartemen terbaik dengan memperhatikan beberapa cara membeli apartemen untuk pemula diatas.

Kunjungi Juga: Cluster Baru di Sentul City