property

Ingin Menyewa Ruko Untuk Usaha? Cek Dahulu 7 Hal Ini!

Sewa ruko adalah solusi bagi kamu yang punya usaha tetapi tidak punya tempat untuk menjalankan proses bisnisnya.

Walau punya potensi meningkatkan keuntungan usaha, sewa ruko tidak dapat dilakukan sembarangan. Banyak faktor yang harusnya diamati agar usahamu tidak berujung merugi. Karena sewa tempat menggunakan biaya yang lumayan mahal juga.

Kamu yang saat ini berencana menyewa ruko, pertimbangkan dahulu tujuh aspek di bawah ini sebelum menanda tangan kontrak sewa.

1. Status legalitas ruko

Urusan legalitas adalah hal yang paling penting. Tanyakan pada pemilik mengenai status sertifikat ruko.

Cek apakah sudah mempunyai Sertifikat Hak Milik (SHM) atau masih Hak Manfaat Bangunan (HGB). Jika statusnya masih HGB perhatikan masa berlakunya. Pastikan juga ruko sudah mempunyai IMB atau Izin Mendirikan Usaha sehingga boleh digunakan sebagai tempat usaha.

Untuk menghindari hal yag tidak diharapkan selama menjalankan usaha, sebaiknya batalkan niat menyewa bila aspek di atas belum atau sulit dipenuhi oleh pemilik ruko.

2. Lokasi menentukan prestasi

Lokasi bisa menentukan jumlah pelanggan usaha yang kamu miliki. Salah memilih lokasi, dapat berdampak usahamu gulung tikar. Penentuan lokasi sewa ruko juga harusnya memutuskan beberapa aspek, seperti jenis usaha, tujuan usaha, dan sasaran konsumen.

Sekiranya ingin mendirikan usaha masakan, pilih lokasi di sekitar pemukiman warga, gedung perkantoran, atau sekolah. Untuk bidang usaha otomotif seperti bengkel, pilih ruko di tepi jalan raya atau jalan utama. Sementara untuk bisnis khusus seperti praktik dokter binatang, lokasi strategis dapat dinomor duakan.

Selain itu, jika kamu tidak berniat tinggal di ruko, perhatikan juga jarak antara ruko dan tempat tinggal. Dengan begitu, kamu dapat perkirakan biaya transportasi yang perlu dikeluarkan setiap hari apabila harus bolak-balik mengurus atau mengunjungi toko.

3. Kebersihan dan keamanan

Ruko dengan letak strategis tidak dapat membawa keuntungan bila mempunyai kemanan yang buruk. Untuk info yang tepat, ada baiknya kamu mencari tahu keamanan daerah dengan cara bertanya pada penduduk sekitar. Cari tahu frekuensi tindak kriminal yang terjadi di daerah tersebut.

Faktor keamanan juga dipengaruhi oleh situasi alam. Perhatikan risiko alam yang rentan terjadi di daerah ruko seperti banjir, gempa, dan lainnya. Hal ini bisa menghalangi perkembangan bisnis sehingga tidak dapat dianggap remeh.

Selain kemanan, kebersihan lingkungan sekitar juga harusnya menjadi perhatian. Selain ruko yang terlihat kumuh dan tidak bersih tentu membuat calon pelanggan tidak mau dekat-dekat ke lokasi.

4. Potensi pasar di lingkungan ruko

Sekalipun berada di lokasi yang tidak strategis, belum tentu toko otomatis sepi pengunjung. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan riseuntuk menetapkan potensi pasar di wilayah ruko tersebut. Lakukan kunjungan beberapa kali di lokasi ruko untuk mencari tahu tingkat keramaian pengunjung.

Selain itu, baiknya kamu juga mencari tahu berapa banyak usaha serupa dengan bisnismu yang sudah berdiri di wilayah tersebut. Jika memang sudah banyak saingan, pelajari apa yang dapat menjadi keunggulan bisnismu dibanding warung atau toko yang lain.

5. Kondisi dan fasilitas ruko

Jika kamu hendak menyewa ruko dalam situasi yang sudah terpakai, perhatikan apakah ada bagian yang perlu direnovasi. Hal ini tidak boleh luput dari perhatianmu karena ada biaya perbaikan yang mungkin tidak sedikit.

Contohnya memilih ruko, pahami sarana yang bakal menjadi hakmu sebagai penyewa. Biasanya fasilitas meliputi tenaga listrik, dapur, air, luar parkir, dan sebagainya.

Pertimbangkan fasilitas yang cocok dengan bisnis yang kamu miliki. Umumnya, untuk usaha Laundry kamu mungkin tidak terlalu butuh fasilitas internet. Lain halnya dengan usaha coffee shop yang perlu menyediakan Wifi sebagai nilai tambah.

6. Waktu sewa

Pemilik ruko umumnya sudah memutuskan minimum waktu sewa beserta tanggal pembayaran. Umumnya, ruko mempunyai masa sewa minimal tiga tahun dengan metode pembayaran di muka untuk satu hingga dua tahun pertama.

Jika kamu belum yakin dengan potensi ruko yang bakal disewa, sebaiknya coba bernegosiasi agar dapat membayar maksimal untuk tiga sampai enam bulan pertama dahulu.

7. Harga sewa

Ada banyak unsur yang menentukan harga sewa, salah satunya yaitu lokasi ruko. ruko dengan letak strategis atau ruko dalam kondisi bagus dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Tidak perlu takut membayar lebih tinggi bila ruko memang berpotensi mendatangkan pemasukan yang lebih tinggi. Sesuaikan saja dengan prioritas dan taktik bisnis yang kamu miliki. Meski gitu, lakukanlah riset harga ruko di pasaran agar tidak mendapat biaya yang over price.

Perbanyak informasi adalah hal wajib sebelum sewa ruko. Memang sebagian tips di atas terlihat sedikit merepotkan, tetapi demi potensi kesuksesan bisnismu, tentu hal-hal tersebut tidak dapat dianggap remeh.

Selamat berbisnis!

Simak Juga: Sewa Gudang