Pendidikan

Kurikulum Cambridge Seperti Ini

kurikulum

Kesibukan belajar mendidik di sekolah tidak lepas dari kurikulum. Biasanya, tiap-tiap sekolah akan mengaplikasikan kurikulum nasional yang telah diatur oleh Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan international school Jakarta. Ketika ini, kurikulum yang berlaku di sekolah-sekolah yaitu KTSP dan kurikulum.

Kecuali kurikulum nasional, sebagian sekolah juga melengkapi pelajaran para siswa mengaplikasikan kurikulum internasional. Salah satunya, ialah Kurikulum Cambridge atau Cambridge International A Tingkatan.

Kurikulum Cambridge International A Tingkatan mempersiapkan pelajar untuk berhasil di masa depan, terutamanya menghadapi masyarakat global,” sebut Regional Director for Southeast Asia & Pasific Cambridge International Examinations, Ben Schmidt dalam sebuah media briefing.

Program dalam kurikulum hal yang demikian, kata ia, menjamin empat hal, ialah kefasihan bahasa Inggris, sistem pandang internasional, pengajaran yang terkini dan modern, serta peluang kuliah di kampus terbaik dunia. Kendati demikian, kurikulum internasional yang ditawarkan Cambridge konsisten mengamati aspek kelokalan Indonesia.

“Sekolah yang menggabungkan kurikulum nasional dan Cambridge telah dapat mengakomodasi dua kurikulum hal yang demikian. Mereka telah punya pemetaan kurikulum sehingga tak tumpang tindih,” jelas Senior Manager Cambridge International Examinations for Indonesia, Dianindah Apriyani.

Salah satu keunggulan dari kurikulum ini, imbuh Dian, ialah melatih siswa berdaya upaya kritis, analisa, termasuk kecakapan presentasi sampai mengatasi dilema. Sehingga, diinginkan para siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengobrol di depan awam.

“Para siswa bisa memilih pembelajaran yang memang diminati dan dipegang dengan bagus. Pengaplikasian kurikulum ini sepenuhnya dikontrol oleh masing-masing sekolah,” ujarnya.

Dian menuturkan, hasil pemetaan kurikulum yang dikerjakan oleh Cambridge International Examinations menampilkan bahwa Cambridge Silabus meliputi sampai 90 persen dari konten yang dibutuhkan untuk ujian nasional (UN), ialah pada kurikulum.

“Implementasi kurikulum ini tergantung sekolah masing-masing. Umumnya pembelajaran yang paling populer diambil yaitu matematika, biologi, kimia, fisika, dan ekonomi. Kami tak memaksa sekolah melegalkan kurikulum Cambridge, tetapi ketika ini memang paling banyak yang menggunakan sekolah swasta dibandingi sekolah negeri,” paparnya.