Pendidikan

Jam Masuk Sekolah di Indonesia, Paling pagi di Dunia

sekolah

Jam mulai belajar, terutama di DKI Jakarta, diukur sebagai jam masuk sekolah terpagi di dunia. Di Indonesia para siswa diharuskan untuk masuk sekolah pukul 06.30 WIB terutama sekolah internasional di Jakarta.

Pengukuran itu yaitu identifikasi hasil kajian evaluasi satu tahun pengajaran DKI Jakarta di bawah pemerintahan Jokowi-Ahok, yang dipersembahkan oleh Koordinator Regu Kajian Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ).

Retno mengatakan, FMGJ dan banyak pihak telah memberikan usulan melainkan belum direspon. Bahwa masuk sekolah terlalu pagi melanggar hak-hak si kecil dan sudah meningkatkan penyakit pencernaan di kalangan siswa. Jam belajar yang dapat terlalu pagi menurutnya, dapat merubah pola makan dan waktu makan sebab kebanyakan siswa tak sempat sarapan.

“Kebijakan pengajaran patut menetapkan kepentingan peserta ajar, bukan mengorbankannya,” ujarnya di Gedung Yayasan Institusi Bantuan Regulasi (LBH) Indonesia, Menteng, Jakarta Sentra.

Kecuali itu, Retno juga memaparkan evaluasi bidang pengajaran lainnya yang, ialah belum melayani dan mengayomi stakeholder pengajaran seperti kasus guru Ibu Erida di SMAN 29 Jakarta.

Menurutnya, Ibu Erida pensiun dini sebab sakit. Tapi telah lebih dari 16 bulan ia belum mendapatkan uang pensiun. Kasus lain, ialah kasus pemutasian sepihak sebab guru memperjuangkan haknya yang dinoljamkan.

“Kasus pemutasian sepihak, sebab guru melaporkan pungutan uang di sekolahnya,” sebutnya.

Kemudian, masih maraknya tawuran dan kekerasan dalam pengajaran sebab tak adanya sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2012 seputar Perlindungan Hati. Sehingga kekerasan dalam pengajaran terus terjadi.

“Penanganan yang tak pas dari aksi tawuran para pelajar DKI Jakarta, tapi masukan penanganan dari pihak guru, ayah dan ibu dan siswa, justru tak dipinta dan saat diberikan masukan cenderung dilalaikan,” ungkapnya.