kuliner

Olahan Makanan Dengan Bahan Singkong

Singkong

Bicara mengenai makanan tradisional Suamtera Barat, memang tak ada habisnya. Kecuali Randang yang sudah mendunia, tempat Minang Kabau ini juga memilki beragam masakan berbahan baku ubi kayu (singkong).

Baca Juga : Pompa AIr

Di Sumatera Barat, singkong amat gampang ditemuka, tumbuhan ini banyak dijumpai di sekitar rumah warga. Tak dibutuhkan perawatan khusus untuk menanamnya, kecuali daunnya yang bisa dihasilkan sayur, singkong sendiri bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat.

Berikut makanan tradisional Sumatera Barat berbahan baku singkong, yang sering kali diburu pelancong lokal dan mancanegara.

Kacimuih

Jajanan tradisional ini berbahan dasar singkong dan kelapa . Singkong parut yang direbus ditaburi kelapa parut serta gula di atasnya. Terdapat opsi dalam merasakan kacimuih, dapat mengaplikasikan gula pasir putih maupun gula merah.

Sistem membikin kacimuih malah terbilang simpel, parut kasar singkong yang sudah dibersihkan kemudian dikukus. Sesudah matang, taburi dengan parutan kelapan yang sudah dicampur gula pasir atau gula merah.

Kacimuih bisa dikenalkan dengan beragam format di antaranya, ditaruh di dalam piring tanpa dirapikan. Dibulatkan seperti bola-bola sebesar genggaman tangan.

Padahal kelihatan simpel, Kacimuih ini terbukti mengandung beragam ragam nutrisi, merupakan serat megnesium, vitamin C, dan asam lemak. Singkong yang dihancurkan dengan mesin parut kelapa juga bisa memperlancar metabolisme dalam tubuh serta menambah tenaga.

Salah seorang pelajar SMA di Kota Bukittinggi Luthvia Nabila menuturkan, kantin sekolahnya masih memasarkan kacimuih, tapi sudah divariasikan. “Ada yang ditaburi, meses, parutan keju” kata Luthvia.

Singkong Berbalut Daun Pisang

Lapek (Lepat) identik dengan makanan kukus yang dibungkus dengan daun pisang. Di Ranah Minang terdapat beragam macam lapek dengan bahan baku yang berbeda, salah satunya Lapek Ubi. Makanan kukus ini terbuat dari singkong.

Pengolahannya terbilang cukup gampang, bahan- bahan pensupportnya malah tak sulit diperoleh. Bahan-bahan yang diperlukan merupakan singkong, gula merah, kelapa parut, daun pandan, garam dan daun pisang sebagai pembungkus adonan.

Parut singkong sampai halus, bubuhi garam secukupnya kemudian diaduk merata. Gula merah dipotong dadu dan taruh kelapa parut di wadah yang berbeda. Daun pisang yang sudah disiapkan di potong sama besar.

Adonan singkong diletakkan di atas daun pisang, masukkan satu keping gula merah berbentuk dadu dan kelapa parut di tengah-tengah adonan, di atasnya taruh potongan daun pandan . Lipat daun pisang dengan rapi kemudian kukus lebih kurang 30 menit.

Lapek ubi amat nikmat dirasakan dikala hangat, dihasilkan sahabat minum kopi oleh masyarakat Sumatera Barat.

Salah seorang penjual Lapek Ubi di wilayah Kota Bukittinggi, Syamsiar mengatakan lapek ubi banyak dicari pelancong. “Lapek ubi senantiasa dicari orang di sini, bule juga kerap beli lapek ubi ke aku,” ujar wanita paruh baya yang sudah 20 tahun memasarkan lapek ubi di wilayah ini.