Teknologi

Mesin Gerinda Inilah Yang Perlu Diketahui

mesin gerinda

Mesin gerinda tangan yakni mesin yang berfungsi untuk menggerinda benda kerja. Mulanya mesin gerinda cuma dimaksudkan untuk benda kerja berupa logam yang keras seperti besi dan stainless steel. Menggerinda bisa bertujuan untuk memacu benda kerja seperti pisau dan pahat, atau bisa juga bertujuan untuk menyusun benda kerja seperti menata hasil pemotongan, menata hasil las, menyusun lengkungan pada benda kerja yang bersudut, menyiapkan permukaan benda kerja untuk dilas, dan lain-lain.

Mesin Gerinda didesain untuk bisa menciptakan kecepatan sekitar 11000 – 15000 rpm. Dengan kecepatan hal yang demikian batu grinda, yang yakni komposisi almunium oksida dengan kekasaran serta kekerasan yang pantas, bisa menggerus permukaan logam sehingga menciptakan format yang diharapkan.

Dengan kecepatan hal yang demikian juga, mesin gerinda juga bisa diaplikasikan untuk memotong benda logam dengan mengaplikasikan batu grinda yang dikhususkan untuk memotong. Untuk mengenal komposisi kandungan batu gerinda yang pantas untuk benda kerjanya bisa diperhatikan pada tulisan spesifikasi batu gerinda.

Pada lazimnya mesin gerinda tangan diaplikasikan untuk menggerinda atau memotong logam, melainkan dengan mengaplikasikan batu atau mata yang pantas kita juga bisa mengaplikasikan mesin gerinda pada benda kerja lain seperti kayu, beton, keramik, genteng, bata, batu alam, kaca, dan lain-lain.

Tapi sebelum mengaplikasikan mesin gerinda tangan untuk benda kerja yang bukan logam, perlu juga dipastikan supaya kita mengaplikasikannya secara benar, sebab penerapan mesin gerinda tangan untuk benda kerja bukan logam lazimnya mempunyai resiko yang lebih besar. Untuk itu kita perlu mengaplikasikan perlengkapan keselamatan kerja seperti pelindung mata, pelindung hidung (masker), sarung tangan, dan juga perlu mengaplikasikan handle tangan yang umumnya disediakan oleh mesin gerinda.

Tak segala mesin gerinda tangan menyediakan handle tangan, sebab mesin yang tak menyediakan handle tangan umumnya tak direkomendasikan untuk diaplikasikan pada benda kerja non-logam.

Untuk memotong kayu kita bisa mengaplikasikan mata gergaji circular ukuran 4″ seperti yang disediakan oleh merk eye brand dan GMT. Untuk memotong bahan bangunan seperti bata, genteng, beton, keramik, atau batu alam kita bisa mengaplikasikan mata potong seperti yang disediakan oleh merk Bosch atau Makita.

Untuk menyusun atau menggerinda bahan bangunan juga bisa mengaplikasikan mata gerinda beton seperti yang disediakan oleh merk Benz. Untuk menggerinda kaca kita juga bisa mengaplikasikan batu gerinda yang dikhususkan untuk kaca. Tapi kecuali mengaplikasikan batu atau mata yang pas kita juga mesti bisa mengaplikasikan mesin gerinda tangan yang pas pula.