Travel

Saloka Theme Park, Kolam Renang Terbesar di Jawa Tengah

jasa pembuatan kolam renang

Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, kembali menambah destinasi tamasya baru. Daerah itu yaitu Saloka Theme Park yang terletak di Jalan Fatmawati 154, Lopait, Tuntang. Daerah ini diklaim bakal menjadi taman tamasya dan rekreasi terbesar di Jawa Tengah.

Nama Saloka berasal dari pandangan baru mengangkat kultur lokal dari legenda Rawa Pening, lokasi Saloka Theme Park berada. Saloka Theme Park yang sah dibuka pada Sabtu (15/12/2018). Dari 25 wahana yang dimiliki, 22 diantaranya sudah beroperasi.

Berdasarkan Managing Director PT Pemandangan Menawan Permai selaku perusahaan pengelola Saloka Theme Park, Teddy Darmanto, untuk ketika ini taman rekreasi dan tamasya keluarga yang berdiri di atas lahan seluas 18 hektare ini masih sebatas soft opening. Padahal baru 22 wahana yang dapat dioperasionalkan, tapi diyakini telah cukup memuaskan pelancong yang berkunjung ke taman rekreasi dan tamasya keluarga yang berlokasi di jalanan utama penghubung Semarang-Solo ini.

“Nanti akan kami operasionalkan semua 25 wahana ketika grand opening. Dikala ini baru sebatas soft opening, jadi baru 22 wahana,” ujar Teddy.

Baca Juga : Pelampung Bayi

Tapi demikian, pihaknya belum mempertimbangkan kapan Saloka Theme Park akan dibuka secara penuh atau ketika grand opening. Ia menyuarakan bahwa ketika ini soft opening dikerjakan menyusul lantas tiba musim libur sekolah dan akhir tahun.

“Mungkin nanti grand opening kita lakukan ketika masa libur berikutnya. Dikala ini baru soft opening, melainkan kami yakin telah cukup memuaskan warga masyarakat, terutamanya di sekitar Kabupaten Semarang dan Jateng yang akan menjalani libur akhir tahun dan libur sekolah,” ujarnya.

Sementara, Chief Financial Officer (CFO) PT Pemandangan Menawan Permai, Danny Agung Nugroho, menceritakan bahwa dari 22 wahana yang sudah dibuka terbagi dalam dua segmen, adalah untuk pengunjung dewasa dan buah hati-buah hati.

“Untuk yang remaja atau dewasa mungkin dapat mencoba wahana yang sedikit menantang, seperti Lika-kelok (rollercoaster), Bengak-bengok, atau Cakrawala (Bianglala). Sekiranya yang buah hati-buah hati dapat mencoba wahana yang penuh keceriaan,” kata ia.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto menambahkan, eksistensi Saloka Theme Park diinginkan dapat memberikan efek domino bagi masyarakat Salatiga, sedangkan letaknya berada kawasan Kabupaten Semarang.

“Keinginan kami terang adanya obyek tamasya ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, tidak cuma Kabupaten Semarang melainkan juga Salatiga. Pelancong dapat berkunjung di Saloka, nanti makan dan menginapnya di Salatiga. Salatiga kan kulinernya banyak,” kata Yuliyanto.

Sementara itu, dalam acara soft opening Saloka Theme Park dimeriahkan penampilan kesenian khas Salatiga dan Kabupaten Semarang, Drumblek, dan juga sendratari Meskipun Klinting, yang mengisahkan legenda Rawa Pening.

Pada permulaan pembukaan itu, Saloka Theme Park memberikan harga promo bagi pengunjung, adalah diskon 20%. Untuk hari libur dan akhir minggu, pengunjung dikenakan biaya Rp120.000. hari lazim atau weekday, pengunjung dikenai biaya Rp96.000 per karcis.

Untuk satu karcis masuk dapat diaplikasikan untuk pelbagai wahana permainan. Jadi pengunjung cuma dikenai satu biaya, berikutnya dapat mencoba variasi permainan apa saja sampai puas.

 

Baca Juga : Harga Pelampung Renang